Sedekah Mbangun Masjid

Sedekah Mbangun Masjid

Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk pengadaan bahan guna pembangunan masjid, mushola dan TPA di daerah pedalaman.

  • Rp 500.000.000Target
  • 30Hari Tersisa
  • Rp 11.724.185Terkumpul
Donasi Sekarang
Dipublikasi pada tanggal : 1 Jul 2023

Masjid Sedekah Mbangun

“Siapapun yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah membangunnya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah, no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih) 

Bagaimana rasanya hidup tanpa adanya masjid untuk beribadah? Rasanya pasti sangat enak dan tak lengkap. Hingga hari ini masih banyak umat Islam di pelosok negeri yang masih belum memiliki masjid atau musholla yang layak.

3b7c0923-38e4-45c9-b512-ae55830b5779.jpg

Tak jarang di antara mereka harus berjalan jauh demi sholat dan beribadah di masjid. 

Sedikit di antara mereka masih lebih beruntung dan bersyukur karena masih memiliki masjid atau musholla sederhana yang tak jarang kondisinya pun sudah sangat memprihatinkan. 

Kerinduan muslim pelosok negeri akan masjid sangatlah besar. Apa harapan untuk dapat segera memiliki masjid ini semuanya bisa terwujudkan ? 

6c8f0d3a-b6fb-4d3b-bd12-cb0eed423143.jpg

Sahabat, mari wujudkan impian saudara muslim dengan mendukung program dakwah melalui: 

  1. Klik tombol "DONASI SEKARANG" 
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan 
  3. Pilih metode pembayaran 
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran 

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

DISCLAIMER : 

Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk pengadaan bahan guna pembangunan masjid, mushola dan TPA di daerah pedalaman. Penggalangan dana ini adalah bagian dari Program Menyebarkan Al-Qur'an, Buku Ibadah, Peralatan Ibadah dari Yayasan Solo Peduli Ummat Informasi lebih lengkap dapat menghubungi Layanan LAZ Solopeduli : 085726818000.

Donasi Sekarang
  • SOLOPEDULI IKUT SERTA DALAM PEMBANGUNAN RUMAH TAHFIDZ DESA WUNUT

    Klaten - SOLOPEDULI begitu peduli terhadap pendidikan masyarakat, terlebih lagi dalam bidang pendidikan Al-Qur’an. Karena sebagai seorang muslim, Al-Qur’an merupakan hal yang penting untuk dipelajari. Maka dari itu, SOLOPEDULI menyalurkan sejumlah dana dan bahan bangunan (semen) dalam program "Bantuan Renovasi Rumah" kepada Rumah Tahfidz Desa Wunut yang berlokasi di Dukuh RT.01 RW.02, Wunut, Tulung, Klaten, pada Rabu (22/11/2023).

    Menurut penuturan Ketua RT setempat, Rusmiyanto, Rumah Tahfidz Desa Wunut telah memulai pembangunannya sejak Jumat (05/05/2023), bertepatan dengan 15 Syawal 1444 H. Sebagai wadah pendidikan nonformal, tujuan utama Rumah Tahfidz ini adalah untuk memberikan pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan benar dan tartil agar masyarakat dapat terbebas dari buta huruf Al-Qur'an dan ikut serta dalam melestarikan Al-Qur'an dengan cara menghafalkannya.

    "Terima kasih kepada SOLOPEDULI dan donatur atas bantuan yang telah diberikan. Semoga dengan ini, pembangunan Rumah Tahfidz Desa Wunut bisa segera selesai dan digunakan oleh masyarakat yang ingin mempelajari Al-Qur’an," kata Rusmiyanto.

    SOLOPEDULI meyakini bahwa, bersama-sama, setiap orang dapat membantu menciptakan generasi yang terbebas dari buta huruf Al-Qur'an dan mampu menghafalnya. Harapannya, melalui dukungan ini, Rumah Tahfidz Desa Wunut dapat terus memberikan kontribusi positif dalam bidang pendidikan bagi masyarakat dan generasi mendatang.

  • SOLOPEDULI SOKONG PROSES RENOVASI MUSHOLA DI GISIK

    Boyolali – SOLOPEDULI menyalurkan bantuan dalam program "Benah Rumah Ibadah" untuk mendukung proses renovasi dari mushola di Dukuh Gisik, Banyudono, Boyolali, pada Rabu (15/11/2023). Renovasi ini diperlukan agar jamaah yang semakin bertambah bisa beribadah dengan nyaman.

    Warga agak harap-harap cemas saat akan melakukan renovasi. Karena, mushola Gisik ini tidak memiliki surat wakaf secara resmi. Awalnya, warga berencana untuk merenovasi mushola tersebut, namun melihat kondisi tanah yang cukup luas (sekitar 360 m²), pembangunan belum juga dimulai. Rencananya, pembangunan akan dimulai pada awal Desember, seiring dengan menunggu dana yang mencukupi.

    SOLOPEDULI turut mendukung kegiatan ini dengan memberikan bantuan semen dan Al Quran. Dukungan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk memastikan keberlanjutan dan ketersediaan tempat ibadah yang memadai bagi masyarakat di Dukuh Gisik.

    "Alhamdulillah, terima kasih kepada SOLOPEDULI dan donatur. Semoga, melalui bantuan ini, mushola di Gisik bisa segera direnovasi dan bisa bermanfaat bagi para jamaah nantinya," Subandi selaku perwakilan penerima manfaat.

    SOLOPEDULI berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan pemeliharaan tempat ibadah di berbagai wilayah, demi mewujudkan kehidupan beragama yang berkualitas dan harmonis di tengah masyarakat luas.

  • BENAH RUMAH IBADAH, SOLOPEDULI SALURKAN BAHAN BANGUNAN UNTUK MUSALA AR RAHMAN

    Wonogiri - Melalui Program Benah Rumah Ibadah, SOLOPEDULI memberikan bantuan berupa semen untuk pembangunan Musala Ar Rahman di Dusun Ngelo RT.02 RW.08, Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri pada hari Sabtu (10/11/2023).

    Musala Ar Rahman ini dibangun lantaran warga harus ke masjid utama saat mau salat berjamaah yang jaraknya 1 km dari rumah. Warga setempat gotong royong untuk membangun musala ini, mulai dari iuran, infaq dan donasi bahan seperti kayu dari warga. Pembangunan baru dimulai bulan lalu yaitu tanggal 5 Oktober 2023.

    Bantuan Semen ini diserahkan langsung Tim SOLOPEDULI Rudi Anggoro kepada Ketua Takmir Musala Ar Rahman, Tri Hartanto. 

    "Jamaah di Musala Ar Rahman ada sekitar 44 Kepala Keluarga, selain itu kegiatan TPQ juga sangat aktif, namun saat ini masih dilaksanakan di salah satu rumah warga karena jarak menuju masjid utama cukup jauh," ungkap Tri Hartanto.

    Terima kasih atas kepedulian SOLOPEDULI yang telah membantu pembangunan Musala Ar Rahman, Semoga menjadi amal jariyah bagi donatur SOLOPEDULI. 

    Semoga dengan adanya bantuan semen dari SOLOPEDULI ini bisa membantu proses pembangunan Musala Ar Rahman sehingga bisa segera jadi dan di manfaatkan untuk beribadah.

  • Dukung Berdirinya Musala SD N Ngemplak No.149

    Surakarta - SOLO PEDULI menyalurkan bantuan berupa 8 sak semen kepada Sekolah Dasar Negeri (SD N) Ngemplak No.149 yang terletak di Jalan Agung Timur No.2, RT.01 RW.29, Mojosongo, Jebres, Surakarta, untuk membantu pembangunan Musala di sekolah tersebut.

    Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Staf Charity Candra yang diberikan langsung kepada Bapak Muhdi, salah satu guru SD N Ngemplak No.149.

     

    Dalam kesannya yang disampaikan kepada SOLO PEDULI, Mahdi menuturkan, "Terima kasih banyak SOLO PEDULI yang sudah bersedia ke sini langsung untuk menyalurkan bantuan. Semen ini nantinya akan kami gunakan sebaik-baiknya dalam pembangunan Musala di SD N Ngemplak No.149. Pembangunan Musala ini dikarenakan belum adanya Musala di sekolah Mas. Kalau salat ya kami di perpustakaan atau berjalan keluar mencari masjid, Mas," Kata Mahdi.

    Candra dalam balasannya mengucapkan, "Sama-sama Pak. Semoga bantuan ini nanti akan mengalirkan kebaikan-kebaikan yang dipergunakan untuk kegiatan ibadah dan sarana pembinaan keislaman di SD N Ngemplak No.149," ujar Candra.


    SD N Ngemplak No.149 tidak memiliki dana untuk melakukan pembangunan Musala. Oleh karena itu, SOLO PEDULI bergerak mengirimkan bahan bangunan untuk membantu pendirian musala. Dana pembangunan musala lainnya diperoleh dari sumbangan warga sekolah, masyarakat, dan para donatur.

    Di kemudian apabila sudah jadi, musala akan dipergunakan sebagai sarana ibadah dan pembinaan keislaman untuk siswa-siswi. SOLO PEDULI akan terus menebarkan kebaikan melalui program "Benah Rumah Ibadah" untuk membantu musala atau masjid yang membutuhkan uluran bantuan, sebagai sarana dakwah.

  • Kontribusi SOLO PEDULI Dalam Peremajaan Musala Berusia Setengah Abad

    Gunungkidul - Dalam upaya menciptakan rumah ibadah yang lebih baik bagi masyarakat muslim, SOLO PEDULI kembali melaksanakan program "Benah Rumah Ibadah" dengan membantu proses renovasi Mushola Al-Maimun yang berlokasi di Dukuh Tekik RT.21 RW.05, Ngloro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, pada Rabu (06/09/2023) kemarin. Tim Charity SOLO PEDULI, Candra, datang dengan membawakan puluhan sak semen dan mushaf Al-Qur’an, yang kemudian diserahkan secara langsung kepada Kondani, takmir Musala Al-Maimun.

    Berdiri sejak tahun 1970, Musala Al-Maimun telah menjadi saksi bisu dari perjalanan peradaban sekaligus menjadi pusat ibadah yang penting bagi masyarakat muslim di Dukuh Tekik. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan pertumbuhan penduduk, kondisi bangunan yang semakin rapuh karena usia serta pergeseran arah kiblat, membuat pentingnya proses renovasi bagi Musala Al-Maimun.

    "Terima kasih kepada SOLO PEDULI dan segenap donatur atas bantuan yang telah diberikan kepada Musala Al-Maimun. Dukungan ini akan membantu dalam mewujudkan perbaikan dan pembaharuan Musala yang sudah sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat setempat," ungkap Kondani.

    Dengan semangat kebersamaan dan kerjasama, SOLO PEDULI berharap agar proses renovasi Musala Al-Maimun dapat segera terselesaikan dan menjadi tempat ibadah yang lebih nyaman untuk berbagai aktivitas keagamaan masyarakat secara luas.

  • Bantu Jemaah Masjid Miftahul Jannah Nyaman Beribadah

    Masjid Miftahul Jannah adalah masjid utama di Perum Puri Argokiloso yang sudah berdiri puluhan tahun. Masjid ini sehari-hari digunakan untuk salat berjemaah dan pengajian rutin. Seiring waktu, alhamdulillah jemaah masjid terus membludak, sehingga masjid tak mampu lagi menampungnya. Selain itu, kondisi masjid yang sudah berusia tua dan mulai rusak, membuat jemaah kurang nyaman beribadah, dan kemudian harus dilakukan rekonstruksi.

    Berakar dari persoalan di atas, Tim SOLO PEDULI meluncur langsung ke Masjid Miftahul Jannah yang beralamat di Perum Puri Argokiloso, Pokoh, Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar untuk memberikan bantuan dalam program "Benah Rumah Ibadah". Dengan membawa 8 sak semen untuk membantu rekonstruksi masjid.

    Tim SOLO PEDULI bertemu dengan Bapak Suharto sebagai panitia pembangunan Masjid Miftahul Jannah. " Jazakumullah SOLO PEDULI dan segenap donaturnya. Dengan berdirinya ulang masjid ini, tentu akan menjadi saksi kebaikan kalian semua, Allah nanti yang akan membalasnya," ucap Suharto kepada Tim SOLOPEDULI, Jumat (25/08/2023).

    Rekonstruksi Masjid Miftahul Jannah ini bertujuan supaya mampu menampung seluruh jemaah untuk melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan. Mari Sahabat, terus alirkan kebaikan-kebaikan bersama SOLOPEDULI.

  • Percepat Renovasi Masjid Al Yaqin Dengan Penyaluran Semen

    Sukoharjo - Guna mewujudkan tempat ibadah yang kondusif dan nyaman bagi masyarakat, SOLO PEDULI turut serta dalam proyek renovasi Masjid Al Yaqin melalui program "Benah Rumah Ibadah" dengan menyalurkan 8 sak semen di Karang Kidul RT.01 RW.16, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, pada Jumat (25/08/2023).

    Dengan jumlah jama'ah yang berkisar antara 150 hingga 200 orang setiap harinya, Masjid Al Yaqin memiliki peran penting dalam menjaga kesejahteraan spiritual masyarakat setempat. Renovasi ini bertujuan untuk memberikan fasilitas yang lebih baik dan nyaman bagi jama'ah yang datang untuk melaksanakan ibadah serta berpartisipasi dalam kegiatan komunitas.

    "Terima kasih kepada SOLO PEDULI dan donatur atas bantuan yang telah diberikan. Penyaluran semen ini akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses renovasi Masjid Al Yaqin agar bisa segera digunakan oleh masyarakat," ujar Helmi Gunawan, takmir Masjid Al Yaqin.

    SOLO PEDULI terus membuktikan komitmennya dalam menjalankan misi kemanusiaan dengan memberikan dukungan dan solusi nyata bagi masyarakat yang membutuhkan. Program "Benah Rumah Ibadah" merupakan contoh bagaimana tindakan nyata bisa membawa perubahan positif dalam masyarakat. Melalui bantuan ini, SOLO PEDULI kembali menunjukkan bahwa kepedulian dan kerja sama adalah kunci dalam membangun masa depan yang lebih baik.

  • SOLO PEDULI Terlibat Rekonstruksi Masjid Berusia 36 Tahun Di Sukoharjo

    Sukoharjo - SOLO PEDULI menyalurkan bantuan dalam program "Benah Rumah Ibadah" kepada Masjid Baitul Makmur di Carikan RT.01 RW.04, Sukoharjo pada Rabu (16/08/2023). Bantuan berupa puluhan sak semen ini merupakan bagian dari upaya SOLO PEDULI untuk memperbarui tempat ibadah.

    Masjid Baitul Makmur, berdiri sejak tahun 1987 di atas tanah wakaf seluas 10 x 12 meter, merupakan bukti nyata semangat swadaya dan gotong royong masyarakat. Namun, sebagai bangunan yang sudah melampaui tiga dekade, tiba saatnya untuk menghadirkan wajah baru bagi masjid tersebut.

    Nanang, salah satu panitia pembangunan, berterima kasih kepada SOLO PEDULI dan donatur atas bantuan ini. "Masjid ini telah menjadi pusat ibadah selama bertahun-tahun. Dengan sentuhan baru, kami ingin memberikan tempat yang nyaman bagi jamaah sekaligus menjaga makna bersejarahnya," jelasnya.

    "Benah Rumah Ibadah" bukan hanya sekadar tentang memperbaharui fisik bangunan, melainkan juga tentang mempertahankan semangat dan ikatan sosial yang telah tumbuh selama bertahun-tahun. Dengan keterlibatan masyarakat, donatur, dan SOLO PEDULI, renovasi ini diharapkan dapat membawa Masjid Baitul Makmur ke era yang lebih modern dan memadai, sambil tetap menjaga nilai-nilai fungsional agar tak lekang oleh zaman.

  • Aksi SOLO PEDULI Benahi Rumah Ibadah, Mushala Al-Fath

    Klaten (03/08/2023) - Aksi sosial SOLO PEDULI dilaksanakan dengan melaksanakan kegiatan "Benah Rumah Ibadah" di Mushala Al-Fath, Pakem RT.16 RW.06, Temuireng, Jatinom, Klaten. Dalam kegiatan ini, Bapak Mardi selaku panitia pembangunan mushala mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam atas bantuan yang diberikan oleh SOLO PEDULI. SOLO PEDULI menyalurkan sejumlah bahan bangunan untuk mensupport berdirinya Mushala Al-Fath.

    "Terima kasih SOLO PEDULI, dengan adanya bantuan bahan bangunan ini, tentunya akan mensupport berdirinya mushala di lingkungan kami, dan semoga ini menjadi amal jariyah untuk para donatur Solopeduli. Aamiin," ujar Bapak Mardi kepada Candra, Staff Charity yang hadir untuk menyalurkan bantuan ke Mushala Al-Fath.

    Mushala Al-Fath telah dibangun dengan semangat luar biasa dari jamaah dan warga setempat. Meskipun baru berjalan selama 19 hari pembangunan, bangunan mushala sudah berdiri dengan kokoh, berkat kesadaran dan semangat yang membara dari seluruh masyarakat. Pembangunan mushala ini bertujuan untuk memberikan tempat ibadah yang nyaman bagi para jama'ah, serta menyediakan sarana belajar mengajar dan pembinaan mental bagi umat Islam.

    SOLO PEDULI dengan tulus akan terus berperan dalam mewujudkan impian masyarakat untuk membangun rumah ibadah yang berfungsi sebagai pusat kegiatan spiritual dan pembelajaran. Dengan kolaborasi antara SOLO PEDULI dan masyarakat, Mushala Al-Fath diharapkan akan menjadi tempat yang memperkuat dan memberdayakan umat Islam setempat.

  • Benah Rumah Ibadah SOLO PEDULI : Uluran Tangan Untuk Masjid MI Muhammadiyah Pondok

    Klaten — Melalui Program "Benah Rumah Ibadah", SOLO PEDULI kembali menunjukkan kontribusinya dalam pembangunan masjid MI Muhammadiyah (MIM) Pondok, Karanganom, Klaten, pada Rabu (12/07/2023). Bantuan berupa mushaf Al-Qur'an dan juga semen diserahkan secara langsung kepada panitia pembangunan masjid MI Muhammadiyah Pondok yang diwakili oleh Siswanto.

    "Alhamdulillah. Terima kasih kepada SOLO PEDULI dan para donatur atas bantuan yang telah diberikan. Melalui bantuan ini, saya berharap proses pembangunan masjid di sekolah kami dapat segera selesai sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas," ujar Siswanto.

    Dengan adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, harapannya, masjid MI Muhammadiyah Pondok dapat menjadi tempat ibadah yang nyaman dan memberikan nilai positif tidak hanya kepada para siswa tetapi juga masyarakat sekitar. SOLO PEDULI juga berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan membantu mewujudkan fasilitas ibadah yang lebih baik agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Hamba Allah

  • Rp 50.000

  • 26 September 2023

Bismillah semoga sehat selalu

Hamba Allah

  • Rp 100.000

  • 04 September 2023

Fajarwati

  • Rp 50.000

  • 02 September 2023

Hamba Allah

  • Rp 150.000

  • 29 Agustus 2023

RAB

  • Rp 200.000

  • 25 Agustus 2023

Semoga keluargaku sehat selalu, anakku cerdas dan Sholih, rezeki kami lancar berkah barokah aamiin

Indah Dwi Retno

  • Rp 100.000

  • 11 Agustus 2023

Hamba Allah

  • Rp 150.000

  • 08 Agustus 2023

semoga bermanfaat dan amanah

Hamba Allah

  • Rp 50.000

  • 22 Juli 2023

Solopeduli

  • Rp 10.874.185

  • Donasi Offline