Bayar Hutang Puasa, Fidyah Cuma 35 Ribu/Hari

Bayar Hutang Puasa, Fidyah Cuma 35 Ribu/Hari

Dengan membayar Fidyah di LAZ Solopeduli, nantinya akan dijadikan makanan dan disalurkan oleh LAZ Solopeduli ke anak yatim, dhuafa, dan juga para lansia.

  • Rp 500.000.000Target
  • 11Hari Tersisa
  • Rp 30.630.000Terkumpul
Donasi Sekarang
Dipublikasi pada tanggal : 12 Jan 2024

Puasa di bulan suci Ramadan merupakan suatu kewajiban yang harus dijalankan bagi setiap umat Muslim sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Namun, ada beberapa pengecualian bagi orang yang tidak berpuasa dan bisa diganti dengan membayar Fidyah.

Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. (QS. Al Baqarah: 185)

Ibnu Abbas mengatakan, "(Yang dimaksud dalam ayat tersebut) adalah untuk orang yang sudah sangat tua dan nenek tua, yang tidak mampu menjalankannya, maka hendaklah mereka memberi makan setiap hari kepada orang miskin". (HR. Bukhari no. 1950 dan Muslim no. 1146).

Membayar hutang puasa dengan fidyah yaitu memberi makan satu orang miskin ini dilakukan sebanyak tiga kali sehari, sesuai dengan jadwal makan pada umumnya. Selain dengan memberikan makan, fidyah juga dapat dilakukan dengan memberi uang tunai. Pemberian uang tunai ini disesuaikan dengan harga 1 mud beras tiap sekali makan.
Besaran fidyah yang perlu dibayarkan minimal sebesar 1 mud, atau setara dengan 3/4 liter makanan pokok. Ada pula ulama yang mengatakan, besaran fidyah sebanyak 2 mud atau setara 1,5 kg makanan pokok.
Ada pula yang mengatakan sebanyak 1 sha atau setara dengan 2,75 liter makanan pokok. Namun, lebih baik membayarnya dengan memberikan makan orang miskin cukup untuk sehari makan (3x sehari) dengan porsi yang cukup mengenyangkan.

Jadi fidyah disesuaikan dengan harga satu porsi makanan yang standar yang berlaku. untuk nominal fidyah di Solopeduli Rp35.000 untuk 3x makan mustahik dalam sehari, lengkap dengan lauk.

Bagaimana caranya?
Dengan membayar Fidyah di LAZ Solopeduli, nantinya akan dijadikan makanan dan disalurkan oleh LAZ Solopeduli ke anak yatim, dhuafa, dan juga para lansia. Berarti, Fidyah-mu akan membantu banyak orang yang membutuhkan agar dapat makan.

1) Klik tombol "DONASI SEKARANG"
2) Masukkan nominal donasi
3) Pilih metode pembayaran (BCA/Mandiri/BRI/BSM/CIMB Niaga Syariah/BNI Syariah/GOPAY/OVO/DANA/LinkAja/QRIS)
4) Transfer sesuai intruksi yang muncul.

Klik SHARE KE FACEBOOK atau SHARE KE WHATSAPP.

Info lebih lanjut bisa menghubungi admin kami (0857 2681 8000) Rohmah

Jazakumullah khairan katsiran
Salam,
Solopeduli

Donasi Sekarang

Solopeduli

  • Rp 30.630.000

  • Donasi Offline