Berita Terbaru

WONOGIRI - SOLOPEDULI meninjau pembangunan Jamban Sehat di Dusun Nglarangan, Desa Beji, Kecamatan Nguntoronadi 1, Kabupaten Wonogiri pada 19/2. Dana Stimulan untuk pembangunan Jamban tersebut telah diberikan SOLOPEDULI kepada Keluarga Bapak Mulyanto dan mbah Saitem.

Bapak Mulyanto bekerja di sawah sedang istrinya berjualan di pasar saat pasaran saja. Ia tinggal bersama putrinya yang juga sudah berkeluarga dengan cucu-cucunya.

Selain keluarga Bapak Mulyanto, keluarga Mbah Saitem juga menerima bantuan Jamban. Mbah Saitem hidup seorang diri, sebelum mendapatkan Jamban Sehat ini, ia harus ke tempat tetangga untuk BAB. Kegiatan pembangunan disubsidi oleh saudara saudaranya, dan gotong royongkan warga dalam pembangunannya. ”Terimakasih banyak SOLOPEDULI dan Puskesmas sudah memberikan Jamban untuk untuk saya, sekarang saya tidak perlu menumpang tetangga untuk ke kamar mandi,” ungkap mbah Saitem pada 20/2.


Program Jamban Sehat ini merupakan kolaborasi dengan Puskesmas Nguntoronadi 1 yang harapannya bisa meluas ke daerah lain. Ini agar bisa mewujudkan Keluarga Sehat khususnya pada masalah sanitasi. "Di Desa Beji sendiri masih ada 17 KK yang masih menggunakan jamban cemplung dan sekitarnya ada 60 KK di 6 wilayah cangkupan Puskesmas Nguntoronadi 1," jelas bu Lina, penanggung jawab lapangan program Jamban Sehat Puskesmas Nguntoronadi 1.

"Awalnya program ini hanya dari iuran penderma dari karyawan Puskesmas, dan harapannya semakin banyak penerima manfaat saat bisa bergandengan dengan SOLOPEDULI," jelas Ibu Celli selaku Duta Peduli SOLOPEDULI.