Berita Terbaru

KLATEN - Solopeduli memberdayakan Kelompok Ternak Kambing dan Sapi. Kelompok ternak tersebut berasal dari wilayah Soloraya yakni dari Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom, Klaten dan Desa Tegalrejo, Kelurahan Bener, Kecamatan Wonosari,  Klaten. Para kelompok merupakan mitra binaan Solopeduli yang sudah terjalin semenjak 10 tahun yang lalu.

 

Salah satu pemberdayaan kelompok ternak di Sepondok, Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Program pemberdayaan diawali dengan pemberian modal berupa puluhan ekor kambing jantan dan betina. Hewan-hewan tersebut diserahkan secara cuma-cuma untuk dikembangbiakkan.

 

Salah satu perwakilan penerima hewan ternak yang berasal dari Tegalrejo Rt.7 Rw.13 Bener Wonosari Klaten, Bapak Warto merasa sangat terbantu dengan adanya program tersebut. ”Alhamdulillah dengan adanya bantuan hewan ternak, penghasilan kami mulai meningkat, Idhul Adha tinggal beberapa hari lagi, semoga bisa segera menghasilkan penghasilan yang lebih,”  ungkap Bapak Warto.

 

Selain pemberian hewan untuk dikembangbiakan, Solopeduli juga menggandeng binaan Kelompok ternak kambing dan sapi untuk digemukan sehingga siap untuk moment Idhul Adha. Tahun 2019, Solopeduli mentargetkan untuk  mengajak masyarakat berkurban dan menyalurkan 5.000 hewan qurban ke wilayah minus hewan qurban di wilayah Indonesia. 

 

Direktur Umum Solopeduli, Sidik Anshori berharap pada moment Idhul Adha ini menjadi moment untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok peternak kambing dan sapi. ”Moment Idhul Adha menjadi jalan kemudahan bagi masyarakat, yakni untuk para pengqurban akan lebih mudah dalam berqurban dan lebih tepat sasaran penerima manfaatnya dagingnya. Sedang untuk para peternak, mereka akan bisa panen raya setiap tahunnya, karena moment Idhul Adha hanya sekali. Kemudian yang ketiga bagi para penerima manfaaat, tentu akan sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan gizi keluarga dhuafa,” jelas Sidik Anshori pada 7/8.