Konten Islami

Gempa bermagnitudo 7,4 yang terjadi pada Jum'at malam (2/8), pukul 19.03 WIB terasa sangat kuat dan membuat masyarakat panik serta berhampuran keluar rumah. BNPB menghimbau masyarakat untuk waspada dan tidak panik serta tidak mudah  terpancing informasi palsu yang mungkin beredar melalui media sosial. Adapun beberapa hal yang harus dilakukan msyarakat saat terjadi gempa antara lain sbb:

 

1. Ambil dan bawa tas Dokumen, Senter, Makanan dan minuman Secukupnya

2. Saat kamu berada di dalam ruangan, gunakan teknik 3B: Berlutut, Berlindung, dan Berpegangan

3. Kamu juga bisa menggunakan rumus segitiga kehidupan saat berada di dalam ruangan. Kalau tidak ada meja yang kokoh di dalam ruangan kamu berada, kamu bisa menggunakan rumus segitiga kehidupan. Meskipun masih diragukan oleh beberapa petugas keselamatan gempa bumi, namun metode ini dapat melindungimu dari reruntuhan bangunan.

Selama berada di dalam segitiga kehidupan, kamu bisa meringkuk dengan posisi fetal seperti janin di dalam kandungan. Menurut Doug Copp, penggagas teori segitiga kehidupan, posisi fatal yang merupakan hal alami bagi kucing dan anjing dapat diterapkan oleh manusia. Akan tetapi perlu diingat ya guys, segitiga kehidupan adalah pilihan terakhir. Sebaiknya kamu hanya menggunakannya saat tidak ada lagi tempat berlindung di dalam ruangan kamu berada.

4. Jika kamu sedang berada di dalam ruangan saat terjadi gempa bumi, dan tidak menemukan tempat berlindung sama sekali, jangan pernah berlindung di balik pintu, karena kusen pintu bisa jatuh dan runtuh. Sebaiknya kamu juga tidak naik ke lantai atas atau berpindah-pindah tempat untuk mencari tempat berlindung. 

5. Saat kamu berada di luar ruangan, tetaplah di luar. ketika gempa bumi terjadi, jika kamu berada di luar, tetaplah di luar, dan jauhilah bangunan sehingga kemungkinan tertimpa reruntuhan semakin kecil. Selain itu, kamu juga harus menjauhi penerangan jalan dan kabel listrik.

6. Jika kamu sedang berada di dalam kendaraan, segera berhenti ya!

Jika kamu berada di dalam kendaraan, berhentilah sesegera mungkin dan tetap di dalam. Kamu akan tetap aman asalkan tidak berhenti di dekat bangunan, pepohonan, jalan layang, dan kabel listrik. Kamu bisa melanjutkan berkendara saat gempa bumi mereda, tapi jangan melewati jembatan atau tanjakan yang rusak ya!

7. Tetap tenang dan ambil langkah preventif saat kamu terjebak di dalam puing. Jika kamu terlanjur terjebak di dalam puing, sebaiknya menunggu pertolongan dan ambil langkah preventif untuk menghindari bahaya lainnya.

Sebaiknya, kamu juga tidak berteriak untuk meminta pertolongan karena dapat membuatmu menghirup debu dalam jumlah yang membahayakan. Kamu bisa menggunakan peluit atau memukul-mukul pipa atau dinding agar tim penolong dapat menemukanmu.

 

 

Dari berbagai Sumber