Berita Terbaru

SOLO - Surakarta- Usai laksanakan Ujian Nasioanal Berbasi Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasioanal (USBN) sejak tanggal 25 Maret sampai dengan 10 April 2019 lalu , siswa-siswi SMK IT Smart Informatika Surakarta mulai menjalani tahapan tes terakhir yaitu Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) hari pertama, pada Jumat 12/4.

Ujian UKK bertempat di laboratorium TKJ1. Ujian tersebut dibagi menjadi 4 kali pelaksanaan selama 4 hari. 11 siswi XII B sudah memulai UKK hari pertama. UKK dilaksanakan selama  4 hari yaitu  tanggal 12, 13 April. Untuk kelas XII B dan kelas XII A dilakukan pada tanggal 15 dan 16, jelas Diantika Arifianti, salah satu panitia UKK.

Siswa diuji ketrampilannya untuk membuat Debian Server dalam waktu sekitar 8 jam. Ujian dimulai sejak pukul 07.30 pagi. 

Selain penguji internal sekolah, panitia juga harus menghadirkan penguji dari industri. Untuk penguji internalnya adalah Sutono, S.Pd.T  yang merupakan  guru mapel produktif dan Khoirul Huda, S.Kom, sebagai penguji indutri dari PT Lintas Data Prima, salah satu industry mitra sekolah. 

Siswa-siswi diharapkan serius dalam menjalankan UKK, selain menjadi tolak ukur kompetensi keterampilan siswa. Hasil ujian tersebut juga menjadi salah satu ukuran yang digunaan untuk mempertimbangkan kelulusan siswa. 

Melalui UKK ini, siswa-siswa diuji ketrampilan dalam mengkonfigurasi server berbasis linux. Hasil UKK juga sebagai jaminan siswa sudah ter-qualified untuk mejadi seorang administrator jaringan, tambah Diantika.