Berita Terbaru

SUKOHARJO - SOLOPEDULI memberikan pelatihan fiqih zakat dan pengelolaan dana zakat bagi seluruh pegawainya. Pelatihan tersebut dilakukan di Hotel Brothers di Jl.Ir.Soekarno Blok AC 25, Solo Baru, Sukoharjo  (15/5). Pelatihan tersebut diikuti oleh 70 pegawai yang berasal dari area Soloraya, Semarang dan Jogjakarta.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kepemahaman fiqih zakat dan penguasaan terhadap pengelolaan dana zakat. Training ini diisi oleh salah satu dewan pengawas syariah SOLOPEDULI  sekaligus dosen IAIN Solo, ustadz Rial Fuadi.

Salah satu peserta pelatihan yang berasal dari SOLOPEDULI Semarang, Didi mengatakan sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini. ”Banyak materi yang belum begitu saya pahami, terutama zakat pertanian dan zakat peternakan, Alhamdulillah hari ini saya jadi paham tentang fiqihnya, bagaimana menghitung zakatnya. Kami berharap kegiatan yang serupa bisa terus dilakukan agar kepemahaman kami semakin bertambah,” ungkap Didi kepada  tim media SOLOPEDULI.

 

”Kepemahanan amil terhadap fiqih zakat dan pengelolaan dana zakat harus dikuasai. Mereka yang nanti menerima uang secara langsung oleh para muzaki atau orang yang mengeluarkan dana (donatur), dan mereka juga yang nanti mengeluarkan dana yang sudah dihimpun kepada para mustahik atau penerima manfaat, terutama pada mustahik yang sudah kami surve,” Jelas Direktur Umum SOLOPEDULI, Sidik Anshori.

 

Kegiatan ini juga upaya SOLOPEDULI untuk meluluskan para pegawainya dalam test sertifikasi amilin yang dilakukan secara bergantian dan bertahap. Test sertifikasi amil diinisiasi oleh Forum Zakat Nasional bersama LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi ) yang dilaksanakan di Jakarta.

 

”Alhamdulillah dibulan April 2019, beberapa pegawai SOLOPEDULI sudah mengikuti test sertifikasi amil. Kami berharap pada bulan-bulan berikutnya semakin banyak pegawai SOLOPEDULI yang bisa lulus dalam tes tersebut, dengan kelulusan menjadi salah satu jaminan kwalits dan kepemahanan amilin terhadap zakat, lebih-lebih ini di bulan Ramadhan, biasanya masyarakat banyak yang menyalurkan dana zakat dan sedekahnya di bulan Ramadhan,” imbuh Sidik Anshori kepada tim media SOLOPEDULI.