Berita Terbaru

SOLO -3 Siswa SMK IT Smart Informatika atau SMK ITSI SOLOPEDULI lulus uji sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Professional (LSP) di SMK Batik Surakarta. Peserta lain yang berasal dari 5 sekolah yang masuk dalam jejaring LSP SMK Batik melaksanakan ujian sertifikasi LSP pada Rabu 13/11.

SMK IT Smart Informatika tahun ini menjadi salah satu mitra jejaring LSP SMK Batik. “Sekolah mengirimkan 3 siswa dari kelas XII, mereka itu kami pilih dari sekian anak yang ingin bekerja usai lulus SMK,” ungkap Kepala Kompetensi keahlian, Diantika Arifianti.

Ketiga siswa tersebut adalah Abdullah Umar Hakam Al Faruq, Maskur Rofiq Hidayat dan Bayu Kurniawan. “Alhamdulillah tiga siswa yang kami pilih itu lulus semua,” imbuhnya.

Dengan mendapatkan sertifikasi menandakan bahwa anak tersebut sudah memiliki kualifikasi kompeten sesuai jurusan masing-masing. Sertifikasi tersebut sudah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikat BNSP yang didapatkan bisa digunakan untuk melamar pekerjaan dengan masa aktif sertifikat selama 3 tahun.

“Dengan ini mereka akan dapat sertifikat 3 tahun yang bisa dipakai buat melamar kerja, karena dengan mendapat sertifikat ini mereka sudah dinyatakan kompeten oleh lembaga yang kredibel,” tutur Dian saat ditemui di ruang kerjanya.

Salah satu siswa Bayu Kurniawan, mengaku telah mempersiapkan untuk ujian ini selama kurang lebih 3 minggu yang lalu. Dalam ujian ini mereka harus lulus uji teori dan praktik. “Kami mengerjakan sekitar 30 soal teori tentang jaringan, lalu praktek seperti membuat hotspot dan routing,” ungkapnya. Ujian dimulai pukul 08.00-14.30 WIB.

Mereka mengaku senang bisa mendapatkan sertifikasi tersebut karena kedepannya akan digunakan untuk melamar pekerjaan di tempat yang sudah mereka inginkan. “Seneng saat dikasih tahu sama pengujinya kalau saya layak mendapat sertifikasi karena dari bertiga hanya saya yang di panggil maju sebagai perwakilan sekolah, tapi Alhamdulillah kami bertiga lulus,” tutur Bayu.

“Sertifikatnya mau kami pakai buat kerja,” ungkap peserta yang lainnya, Maskur. Maskur merupakan salah satu peserta yang tahun lalu menjuarai lomba desain Web tingkat Nasional.