Berita Terbaru

Meski kondisi sedang pandemi, mahasiswa penerima beasiswa dari SOLOPEDULI, tetap beraktivitas seperti biasa, tetapi dalam aktivitasnya mereka tetap menerapkan protokol kesehatan. Para penerima beasiswa ini adalah anak-anak dari berbagai daerah yang saat ini sedang menempuh bangku perkuliahan di STMIK Sinar Nusantara Solo, IAIN Surakarta dan Universitas Batik Surakarta, ada yang kuliah setingkat D3 dan ada juga yang S1.

Seluruh penerima beasiswa tinggal di asrama dengan mengikuti peraturan yang telah dibuat, baik kegiatan harian, mingguan maupun bulanan. Para mahasiswa ini semenjak bangun tidur, mereka menjalankan sholat tahajud, sholat subuh dan dzikir Al-ma'surat bersama-sama kemuadian dilanjutkan dengan tilawah sendiri-sendiri.

”Kalau pagi, saya dan teman-teman cari makan atau kadang belanja sayur untuk dimasak dan dimakan bersama, setelah makan kita bersih-bersih dan kemudian sholat dhuha masing-masing. Kalau sedang tidak tidak kuliah saya gunakan belajar, membaca dan kadang untuk jualan online, jualan online ini dengan mengshare ke semua kenalan saya,” ungkap salah satu penerima beasiswa yang tinggal di Asrama SOLOPEDULI, Khoir. Khoir (20 tahun) saat ini sedang kuliah di STMIK Sinar Nusantara Solo.

”Di asrama ada yang kuliah pagi atau siang dan ada juga yang kuliah malam, jadi sholat jamaah kami lakukan dengan seadanya anak yang ada di asrama. Sholat asar, mahrib dan isya kami lakukan berjamaah, dzikir sore kami lakukan sendiri-sendiri, setelah sholat mahrib kami ngaji. Kultum dilakukan setiap hari Selasa, Setor hafalan setiap hari Rabu dan membaca al kahfi bersama-sama dilakukan setiap hari Jumat,” imbuh Khoir. Kegiatan sehari-hari para mahasiswa ini didampingi oleh musrif atau pengurus asrama.

Para penerima beasiswa ini diwajibkan untuk mengikuti pengajian (pembinaan keislaman) yang dilakukan setiap seminggu sekali. Sedang kegiatan pembinaan bersama baik untuk mahasiswa putra maupun putri dilakukan setiap bulan sekali. ”Selama pandemi, semua yang masuk ke asrama diwajibkan cuci tangan, kalau untuk penghuni asrama di dalam asrama ada yang menggunakan asrama ada yang tidak, tetapi kalau ada tamu wajib menggunakan masker baik untuk tamu maupun penghuni asrama yang sedang ditemui (tuan rumah),” jelas Eka Fitriana, musrif atau pengurus asrama mahasiswa putri SOLOPEDULI pada 16/9.